Senin, 18 April 2011

Cara Download Youtube

Saat ini youtube mungkin menjadi situs paling banyak dikunjungi selain facebook. Youtube segera di akuisisi oleh Google tidak lama setelah kemunculannya. Di Indonesia sendiri Youtube telah menciptakan sejumlah artis dadakan sepert postingan saya sebelumnya. Sayangnya Youtube ngga menyediakan secara khusus tools untuk mendownload video yang ada di situs tersebut.

Tapi buat kalian yang mau banget menyimpan video yang kalian sukai dari Youtube, sekarang ini udah banyak banget ko yang nyediain software atau plug-in yang bisa kita pasang di Youtube. Kita tinggal mencarinya di menu Tools -> Add-ons pada browser Mozilla Firefox dan mencari software-software yang di sediakan disana dengan kata kunci youtube video downloader atay sejenisnya. Berikut tampilannya :

Setelah itu klik Tombol Add to Firefox pada software yang ingin digunakan, saat tampila berikutnya muncul klik Install dan add-ons akan terinstal secara otomatis. proses instal pun tidak memakan banyak waktu, hanya sekitar 1-2 menit. Saat proses instal selesai, restars Firefox dan add-ons sudah terpasang dan dapat digunakan. Sebagai rekomendasi saya menggunakan "Ant Video Downloader and Player", bisa dicoba sebagai kata kunci pencarian Add-ons.

Atau buat kalian yang ngga suka pakai plugin atau software, bisa juga dengan memanfaatkan folder Cache yang disedikan setiap browser. Misalnya pada Firefox, begini langkah-langkahnya :
1. Bukalah video yang ingin kamu lihat / simpan,  kemudian pada tab yang lain ketikkan kode berikut pada url -->  about:cache?device=disk . Pada saat tampil tampilan seperti berikut Copy dan Pastelah Cache Directory pada Windows Explorer kamu.

2. Kemudian dari file-file yang banyak tersebut cari file dengan ukuran paling besar, kalau video biasanya diatas 10.000 Kb atau 10 MB. Tapi ukuran file akan terus bertambah besar tergantung sudah sejauh mana video yang ingin kita simpan berjalan. Jadi video yang mau disimpan jangan di Close, jadi bisa nonton sekalian nyimpen.

3. Begitu video selesai diputar, file yang berukuran paling besar pada folder cache dapat di Copy ke tempat lain dan di rename sekalian dikasih extension atau tipefile misalnya flv atau mp4 (contoh: videolucu.flv). Dan videonya sudah bisa dilihat berulang-ulang.

Kenapa harus di copy ke folder lain?? Karena Cache biasanya menghapus secara otomatis file-file yang ukurannya terlalu besar.

So, mana yang lebih kamu suka install Add-ons atau tanpa software??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar