Selasa, 26 April 2011

Boyband Girlband Siapa Meniru Siapa?

Sebenernya mungkin udah agak telat untuk ngebahas ini ya? Karena boyband udah menjamur banget sekarang di Indonesia. Sebut aja SM*SH, NSG Star, Max5, Treeji, dan apa lagi saya ngga tau. Waktu awal kemunculan SM*SH, mereka mendapatkan tidak hanya banyak dukungan tapi juga cemoohan. Mulai dari yang bilang mereka cuma modal tampang, ngga bakal lama, sampai meniru boyband-boyband Korea yang emang lagi in banget di Indonesia. Tapi SM*SH konsisten dan terus menunjukkan aksi-aksi mereka dan terbukti sampai sekarang mereka terus bertahan, dan kayaknya jumlah penggemar mereka terus bertambah deh terutama dari kalangan remaja cewek pastinya.

Kalau yang itu boyband, sekarang kita bahas girlbandnya. Sebelumnya saya ngga terlalu tau girlband ini, berita tentang mereka pun ngga seheboh SM*SH atau boyband lainnya tapi kebetulan waktu itu saya ngeliat penampilan mereka di acara musik Dahsyat, dan semalam jodoh kembali mempertemukan kami di sinetron mereka di trans tv (ngga tau judulnya apa). Mulai deh browsing-browsing dikit, dan ternyata walaupun mereka jarang di beritain di tv (apa saya aja yang ngga tau?) mereka tetap menjadi obrolan di dunia maya. Ngga jauh beda sama boyband, girlband ini juga punya pendukung dan haters. Dan topik lama keluar lagi, mereka dibilang Plagiat. Oh NO!!
Saya sih belum nemuin artikel yang berisi komentar mereka tentang masalah ini, tapi kalaupun ada pasti jawabannya ngga beda jauh sama SM*SH dan boyband lainnya. "Ngga niru, cuma terinspirasi". Itu emang jawaban yang bagus, karena sadar ngga sadar semua orang didunia ini saling terinspirasi. Si B terinspirasi oleh si A, si C terinspirasi oleh si B, dan seterusnya kita semua saling terinspirasi. Inspirasi bisa apa aja; anak kecil mau jadi guru karena terinspirasi sama guru disekolahnya, atau cara berpakaian seseorang yang terinspirasi dari majalah mode, so ngga ada masalah sama inspirasi?

Yang penting kita doain aja suatu saat boyband dan girlband di negeri kita bisa sejajar sama boyband dan girlband inspirator itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar