Minggu, 09 Mei 2010

Bikin Readmore di Blogger Tinggal Klik

Sebenernya info ini udah lumayan lama, mungkin udah banyak dari para blogger yang tau. Tapi ngga apa deh di posting, soalnya masih ada beberapa temen suka nanya masalah ini sama gw. Dan berhubung gw ngga sempet buat mraktekin di depan mereka dan mereka kurang mudeng jelas kalo cuma dijelasin pake kata-kata, jadilah gw menjanjikan untuk mempostingkan ‘masalah’ ini. So, this post especially for you guys...(berry terutama :-D). Dan pertanyaan itu adalah...

“Gimana sih cara bikin ‘read more’  di blogger??
Ada dua cara sebenarnya:
  1. Yang pertama cara jadoel. Yaitu kita ngetik coding read more itu (atau copas biasanya biar efisien), ditempat kita mau motong artikel kita. Ditiap postingan kita bikin terus tu coding, walaupun copas tetep ngga efisien kan?? Kaya apa codingnya? Kalian bisa tanya sama uncle google coz gw juga ngga make. Pernah dapet codingnya, tapi gw ngga minat.
  2. Cara kedua lebih simple, mudah, gampang, banget. Sebenernya caranya masih berhubungan sama postingan gw yang ngebahas tentang ngerancang template blogger sendiri (bisa klik disini).
Nah dipostingan ini gw cuma ngebahas cara yang kedua. Jadi karena kebaikan hati blogger yang terus memanjakan penggunanya dengan fitur-fitur baru yang WHAT YOU SEE IS WHAT YOU GET dan amat sangat USER FRIENDLY, kita udah bisa memotong artikel kita dan memberikan rasa penasaran pada pembaca dengan memberikan tulisan READ MORE. Seperti saya ini...


Pertama, login ke akun blogger kamu. Setelah berhasil masuk, ketikkan alamat draft.blogger.com atau blogger.com/draft di URL. Dan kamu akan masuk ke halaman blogger in draft. Mungkin perbedaannya ngga terlalu terlihat/terasa sama kamu. Mungkin kamu ngira kamu belum masuk ke blogger in draft. Tapi coba kamu masuk ke menu posting seperti biasa dan buatlah posting baru dan perhatikan menu format yang ada di bagian atas kotak posting.
Lihat pada tanda yang beri lingkaran hijau. Itu adalah tanda jump break yang jika di klik akan muncul garis penanda pemotongan artikel dan akan muncul tulisan read more. Gampang kan??Tanpa coding, tanpa ngetik, tanpa ngopi, tinggal klik. Tapi sayangnya jump break ini baru ada di blogger in draft. Mungkin pihak blogger merasa menu-menu barunya ini masih kurang sempurna jadi belum dirilis dan masih berbentuk draft (rancangan). Tapi kalo gw pribadi sih udah seneng banget sama yang baru draft juga, gimana sempurnanya ya???Tak sabar menanti.

Oke deh segitu aja postingan kali ini, sekedar menjawab pertanyaan temen yang belu tau. Dan kalian bisa utak atik sendiri fitur blogger in draft yang lain. Biar tampilan blog kita maksimal and ngga pasaran. Males banget kan satu kelas templatenya sama semua?? Hohoho...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar