Minggu, 11 April 2010

Buat Template Blogger Sendiri? Gampang banget!!

Setiap blogger pasti mau blognya punya tampilan yang menarik dan beda dengan blog-blog lainnya. Buat yang bisa sedikit bahasa pemrograman php atau XML, pasti dengan gampangnya bisa ngutak-ngatik tampilan blognya dengan hasil karyanya sendiri. Tapi gimana dengan yang kurang paham dengan PhP atau XML? Akhirnya nyari-nyari template gratis atau membayar dari internet, tapi 'terpaksa' kita jadi harus menyertakan link sumber template tersebut, dan siap-siap aja ketemu blog yang templatenya sama ama blog kita.

Tapi itu duluuu...sebelum blog menyediakan fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya. Karena sekarang kita bisa merancang tampilan blog kita sesuka hati, hanya dengan klik sana klik sini. Bener-bener sesuai sama prinsip WHAT YOU SEE IS WHAT YOU GET. Ngga perlu lagi ngutak-ngatik bahasa pemrograman  atau takut ketemu sama blog yang templatenya sama. Mau tau caranya? Ikuti langkah-langkah dibawah ini.



  1. Silakan login ke dasbor (dashboard) anda. Setelah masuk, pergilah ke alamat (ketikkan URL) draft.blogger.com . Selanjutnya anda akan berada di Blogger in Draft.
  2. Klik menu tab Tata Letak. Setelah anda masuk ke draft.blogger.com tersebut, maka pada bagian bawah tab Tata Letak tersebut, telah bertambah sebuah subtab Perancang Template. Pada subtab itulah anda akan bekerja.

3. Selanjutnya kita akan diarahkan pada halaman Blogger Template Designer, pada halaman tersebut terdapat empat menu, yaitu:  Templates, Background, Layout, dan Advanced.


4. Menu Templates: pada menu ini, kita bisa memilih jenis template yang telah di sediakan oleh Blogger. Silahkan pilih salah satunya, dan anda bisa langsung melihat previewnya pada blog anda.

5. Menu Background: pada menu ini kita memilih gambar-gambar yang telah tersedia untuk dijadikan background template blog rancangan kita. Blogger telah menyediakan begitu banyak gambar yang di
kelompokan menjadi beberapa kategori. Tapi untuk saat ini kita hanya bisa manggunakan gambar yang tesedia saja, suatu saat kita mungkin bisa meng-upload gambar kita sendiri. Anda juga bisa memilih warna-warna yang akan digunakan pada blog kita. Seperti warna kolom dan border.

6. Menu Layout: pada menu ini kita dapat mengatur tampilan layout blog kita. ada tiga submenu pada menu layout ini.
      -Body layout: submenu ini adalah tempat kita mengatur jumlah kolom, jumlah sidebar, pada   template kita.
      - Footer layout: hampir sama dengan menu body layout, tapi hanya untuk mengatur tampilan footer.
      - Adjust width: disini kita dapat mengatur lebar template, mulai dari lebar blog secara keseluruhan (Entire blog),      maupun lebar tiap sidebar. Semuanya dalam pixel.
7. Menu Advanced: pada menu ini kita dapat mengatur tampilan dari isi blog kita, mulai dari Jenis font, Ukuran font, dan warna font yang ingin kita gunakan. Mulai dari font Judul blog, judul postingan, text, link, dan sebagainya.


Jika Anda merasa sudah puas dengan rancangan Anda, silahkan klik tombol APPLY TO BLOG yang ada di sudut kanan atas. Kemudian silahkan lihat hasilnya.
dan anda pun mempunyai template blog rancangan anda sendiri. Gampang kan? Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar