Minggu, 24 Juli 2011

Google+ Menyaingi Popularitas Facebook

Google memang tidak pernah berhenti ber'produksi', mulai dari search engine yang irrefutable, blogspot, Picasa web album, akuisinya atas Youtube, Android, browser Google Chrome, Google Adsense, Google Adword dan google-google lainnya. Sambil terus memperbaiki tampilan dan kinerja produknya tersebut, google kembali 'menelurkan' produknya. Seperti nggak mau kalah sama Mark Zuckerberg sang penemu Facebook dan Evan Williams penemu Twitter, duo jenius penemu Google Larry Page dan Sergey Brin menghadirkan situs jejaring sosial dengan nama Google+ (baca: gugel plus).

Google+ dengan mottonya "The Google+ project makes sharing online more like sharing in real life" diluncurkan sejak tanggal 6 Juli 2011. Tapi Google+ belum dipromosikan oleh beragam properti lain milik Google. Jejaring sosial ini masih sebatas mengundang, jadi hanya bisa diundang oleh teman kita yang udah punya akun di Google+. (Kalo saya sih udah punya... =D)

Tapi biarpun kayak gitu, tetep aja pengguna google+ ini udah mencapai 18 juta pengguna hingga hari Selasa (19/7/2011). Belum dibuka untuk umum aja udah segitu, gimana kalo di promosiin lewat Youtube atau Google.com ya??ckckck.... Facebook wajib cemas nih.

Kenapa belum di buka untuk umum??


Mungkin karena tampilannya masih biasa banget aja, dan belum ada "item" utama yang baru. Kalau menurut saya konsep dari google+ ini kayak gabungan dari facebook dan twitter. Dengan menggunakan istilah Circle atau Lingkaran dalam istilah indonesianya. Didalam circle itu ada kategori teman, keluarga, kenalan, dan kita juga bisa menambah kategori kita sendiri ataupun mengganti nama dari kategori yang sudah disediakan. Dan follower juga ada. Sampai saat ini akun google+ milik Mark Zuckerberg adalah akun dengan follower terbanyak, sekitar 250.000 pengikut padahal Mark tidak memposting apapun (really nothing!). Biar selingkuh dari facebook tapi tetep setia sama foundernya donk... =)

Saya sih belum terlalu ngerti sama tampilan atau kustomisasi google+, terus masih agak berat juga halamannya. Tapi saya yakin pasti google+ ini bakal banyak banget peminatnya kalau udah siap, karena lewat google+ ini semua akun google kita akan terhubung. Kalau kamu udah punya blogger, picasa, ataupun youtube, dijamin wajib-kudu-harus nyoba google+.


Kalau minat dan minta ane invite, tinggalin alamat email kamu di comment, ok??

2 komentar:

  1. info baguss .. saya sih lbh suka google+ . because ap yg kita tulis di dasbord bisa keliatan sma semua orng. ga kya FB & TWWET ( cma tman yg bisa liat )
    ntar invite Google+ ane ya gann ...
    .
    kunjungan k'blog saya jg saya nantikan #gapteka-z.blogspot.com ...
    happy blog wallking ..

    BalasHapus